Penyebab Jerawat

Penyebab Jerawat

Penyebab Jerawat - Banyak orang beranggapan bahwa jerawat itu bersumber dari kotoran yang hinggap ke wajah kita kemudian bercampur dengan keringat, berinteraksi dan jadilah jerawat. Atau ada juga yang beranggapan bahwa jerawat itu terjadi karena faktor hormonal. Misalkan seorang remaja yang lagi jatuh cinta tetapi tidak tersalurkan, lalu muncullah jerawat. Hehe... itu mitos atau fakta sih???
Penyebab Jerawat
Penyebab Jerawat
Sumber Gambar:dokterkamu.com

Baiklah, kita akan kupas satu per satu, sebetulnya penyebab jerawat dan cara mengatasinya itu seperti apa sih? Let’s cekidot!!

Penyebab Jerawat

1.    Makanan
Nah loh.. sobat, ternyata salah satu penyebab jerawat itu berasal dari makanan juga loh.. Tapi makanan jenis apa sih yang bisa menyebabkan timbulnya jerawat?
Menurut penelitian, ternyata ada beberapa makanan penyebab jerawat :

a.    Makanan Berlemak
Menurut salah satu sumber yang saya baca, makanan berlemak katanya bisa menjadi penyebab munculnya jerawat. Lemak yang menumpuk dalam tubuh bisa menutupi pori-pori sehingga pengeluaran kotoran dari dalam tubuh melalui pori-pori menjadi tersumbat, dan jadilah jerawat.
Percaya atau tidak, alangkah lebih baik bila kita tidak mengonsumsi makanan berlemak dalam jumlah berlebih ya..

b.    Mie Instan
Siapa yang tidak kenal mie instan? Makanan yang satu ini merupakan makanannya anak kost.. hehe.. Karena praktis dan harga yang terjangkau membuat makanan ini menjadi favorit sebagian besar anak kost. Namun kita harus hati-hati, ternyata bila kita mengonsumsi mie instan secara berlebihan, makanan ini pun dapat berpotensi menjadi penyebab jerawat lho..

c.    Biji-Bijian
penyebab jerawat
Penyebab Jerawat
Sumber Gambar : cambon.id

Biji-bijian terutama kacang mengandung lemak yang dapat memicu timbulnya jerawat. Oleh karena itu, jangan terlalu banyak mengonsumsi kacang-kacangan karena itu tidak baik untuk wajah kita.

d.    Coklat
Coklat yang dimaksud disini merupakan makanan olahan yang berasal dari buah coklat. Biasanya makanan olahan ini mengandung lemak dalam jumlah tertentu yang bila dikonsumsi dalam jumlah banyak, juga akan berdampak pada timbulnya jerawat pada wajah kita.

Penyebab Jerawat

2.    Faktor Hormon
Faktor hormonal terutama hormon testosteron merupakan penyebab jerawat pada pria yang menginjak remaja. Dan ini merupakan faktor terbesar timbulnya jerawat. Biasanya jerawat muncul pada usia 15-20 tahun (usia remaja) kemudian akan menghilang dengan sendirinya saat usia 25 tahun. Bahkan ada yang lebih sampai usia 30 tahun.

Wanita umumnya lebih beresiko timbul jerawat pada hari ke-2 sampai hari ke-7 sebelum menstruasi.
Faktor hormon ini juga tidak hanya disebabkan oleh usia puber, tetapi dapat juga disebabkan oleh penggunaan obat tertentu yang dapat mempengaruhi hormon, seperti penggunaan pil KB pada wanita dewasa. Makanya sering kita mendengar ada yang mengeluh berjerawat setelah memakai pil KB.


3.    Minuman Bersoda
Minuman bersoda bukan hanya akan menimbulkan masalah pada wajah berupa jerawat, tetapi juga dapan memberikan efek buruk bagi tubuh bila dikonsumsi secara berlebihan. Minuman bersoda dapat menyebabkan inflamasi atau peradangan pada tubuh. Kandungan aspartam dalam minuman bersoda disinyalir dapat memicu timbulnya jerawat. Selain itu, minuman bersoda dapat menurunkan pH tubuh sehingga jerawat yang sudah tumbuh sulit disembuhkan.

Penyebab Jerawat

4.    Sentuhan atau Tekanan ke Wajah
Selain beberapa penyebab tersebut di atas, ternyata ada penyebab lain seseorang berjerawat. Jerawat bisa saja terjadi karena sentuhan suatu benda ke wajah misalkan tangan. Atau mungkin juga helm yang dipakai. Boleh jadi tangan yang menyentuh kulit wajah, atau helm yang menempel pada wajah tidak dalam kondisi bersih sehingga bakteri yang terdapat pada tangan atau helm berinteraksi dengan minyak pada wajah, yang apabila tidak segera dibersihkan akan menimbulkan jerawat.


5.    Kosmetik
Pada sebagian orang, penggunaan kosmetik pada wajah seperti sudah merupakan suatu keharusan. Namun kita harus hati-hati dalam memilih kosmetik, salah-salah bisa menyebabkan alergi pada kulit yang dapat memicu timbulnya jerawat. Ada baiknya sebelum menggunakan kosmetik, dikonsultasikan dulu kepada dokter kulit mengenai kosmetik apa yang cocok untuk jenis kulit kita. Jangan sampai salah kaprah mencoba semua kosmetik tanpa dikonsultasikan terlebih dahulu ke dokter kulit. Karena dampaknya bukan malah membuat kulit wajah menjadi bagus, justru malah membuat kulit wajah menjadi rusak.

Penyebab Jerawat

6.    Kortikosteroid
Kortikosteroid merupakan anti inflamasi (anti peradangan) yang sangat kuat. Obat ini merupakan obat yang sering dipakai oleh atlit sebagai dopping. Namun penggunakan obat ini haruslah diawasi secara ketat mengingat efek samping yang ditimbulkan cukup besar.
Pada beberapa kasus, ada beberapa jenis steroid tertentu yang dapat mempengaruhi kelenjar minyak pada wajah sehingga lebih banyak memproduksi minyak. Ujung-ujungnya minyak tersebut berinteraksi dengan kotoran pada kulit wajah yang berakhir dengan timbulnya jerawat. Oleh karena itu, bijaklah dalam menggunakan steroid.

7.    Stress
Banyak yang bilang bahwa stress merupakan penyebab jerawat. Sebenarnya itu tidak sepenuhnya benar, karena sampai sekarang pun para peneliti masih melakukan penelitian untuk membuktikan kebenarannya.
Memang terdapat kaitan antara kelenjar penghasil minyak pada wajah dengan reseptor stress. Ketika kita mengalami stress, produksi minyak oleh kelenjar akan meningkat sehingga apabila minyak tersebut bereaksi dengan kotoran pada wajah akan menimbulkan jerawat.

Demikianlah beberapa bahasan tentang penyebab jerawat dan cara menghilangkan jerawat. Semoga dengan mengetahui beberapa faktor penyebab jerawat menjadikan kita untuk lebih berhati-hati dan lebih menjaga diri dari hal yang dapat memicu timbulnya jerawat.

Penyebab Jerawat | Sarah Amalia | 5

2 komentar: